Standar Manajemen

1. Standar Manajemen
Standar manajemen merupakan standar manajemen yang struktur tugas, prosedur kerja, sistem manajemen serta standar kerja dalam bidang kelembagaan, usaha dan keuangan. Organisasi Internasional bersama atau bisa disebut juga sebagai ISO, merupakan badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil badan standarisasi nasional setiap negara di dunia agar mendapatkan hasil standar kemenejemenan bersama dalam bidang apapun dari setiap negara di dunia.

2. Standar Manajemen Mutu, ISO 9000, Sistem Manajemen Produksi TQM, Six Sigma
- Sistem Manajemen Mutu merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi  dan Praktek-praktek standar  untuk manajemen sistem  yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang/jasa) terhadap kebutuhan dan persyaratan itu ditentukan oleh pelanggan atau konsumen.
- ISO 9000 adalah sekumpulan standar untuk sistem manajemen mutu atau disingkat (SMM). ISO 9000 yang dirumuskan oleh  ISO, yaitu organisasi internasional di bidang standardisasi. ISO 9000 pertama kali dikeluarkan oleh International Organization for Standardization Technical Committee. ISO inilah yang bertanggung jawab untuk standar sistem manajemen mutu. ISO menetapkan siklus peninjauan ulang setiap lima tahun, guna menjamin bahwa standar-standar ISO 9000 akan menjadi up to date dan lebih relevan untuk suatu organisasi. Revisi terhadap standar ISO 9000 telah dilakukan pada tahun 1994 dan tahun 2000.
- Total Quality Management (TQM) didefinisikan dari 3 kata yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat atau tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara menghendel, pengendalian, pengarahan). Dari ketiga kata tersebut, TQM merupakan: sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan atau konsumen (customer satisfaction) dengan kegiatan yang diupayakan benar sekali (right first time), melalui perbaikan yang berkesinambungan (continous improvement) dan memotivasi karyawan.
- Six Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti Total Quality Management (TQM), berfokus pada pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Bertujuan untuk, menghilangkan cacat pada produksi, memangkas waktu pembuatan produk dan mehilangkan atau mengurangi biaya. Six sigma juga disebut sebagai sistem komprehensive, yang dimana merupakan suatu strategi, disiplin ilmu dan alat  untuk mencapai dan mendukung kesuksesan bisnis. Six Sigma tersebut disesuaikan oleh strategi karena berfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan atau konsumen, disebut disiplin ilmu karena mengikuti model formal,yaitu DMAIC (Define Measure Analyze Improve Control ) dan alat karena digunakan bersamaan dengan yang lainnya, seperti Histogram. 

3. Standar Manajemen Keselamatan dan Kerja, OSHAS 18000
- Sistem Manajemen K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) menurut Permenaker No 5 Tahun 1996 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah bagian dari sistem secara keseluruhan yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggung jawab, pelaksanaan, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan bagi pengembangan, penerapan, pencapaian, pengajian dan pemeliharaan kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif,.
- OHSAS merupakan kepanjangan dari Occupational Health and Safety Assesment Series-18001 adalah standar internasional untuk penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau Manajemen K3,  adanya K3 tersebut diakibatkan oleh adanya kecelakaan kerja bagi perusahaan yang bisa menciptakan citra buruk pada perusahaan dan  menurunkan image perusahaan di mata clients, media dan pekerja lainnya. Seperti diketahui banyak perusahaan industri ataupun jasa yang prosesnya berdampak negative terhadap lingkungan serta kesehatan dan keselamatan pekerjanya, oleh karena itu di butuhkan manajemen Kesehatan & alat pelindung pekerja; Keselamatan Kerja (Manajemen K3) sehingga ada jaminan bagi para pekerjanya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa perusahaan besar terutama OIL & GAS mewajibkan semua mitranya minimal harus mengimplementasikan sistem Manajemen K3 atau biasa di sebut dengan CSMS (Contractor Safety Manajemen System) serta agar bisa mengikuti syarat tender  pada bidang oil and gas yang merupakan itu adalah syarat utama perusahaan.

4. Standar Manajemen Lingkungan, ISO, 14000
- Sistem Manajemen Lingkungan atau Environment Management System (EMS) merupakan suatu bagian dari keseluruhan sistem manajemen yang meliputi struktur organisasi, rencana kegiatan, tanggung jawab, latihan atau praktek, prosedur, proses dan sumber daya untuk pengembangan, penerapan, evaluasi dan pemeliharaan kebijakan lingkungan, Sistem manajemen lingkungan  Dengan kata lain, Sistem manajemen lingkungan adalah sistem manajemen yang berencana, menjadwalkan, menerapkan dan memantau kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan.
- Organisasi Internasional untuk Standardisasi atau disingkat ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Dikarenakan singkatan dari masing-masing bahasa berbeda dari beberapa negara yaitu (IOS dalam bahasa Inggris dan OIN dalam bahasa Perancis) maka para pendirinya menggunakan singkatan ISO, (diambil dari bahasa Yunani: isos) yang berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi. Didirikan pada 23 Februari 1947, ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Standar yang sudah kita kenal antara lain standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya agar negara diseluruh dunia mendapatkan standar kebersamaan dalam sistem rantai ekonomi.
- ISO 14000 merupakan suatu kumpulan standar-standar terkait pengelolaan lingkungan yang disusun untuk membantu organisasi untuk: meminimalisir dampak negatif kegiatan-kegiatan (proses, dll) mereka terhadap lingkungan, seperti menimbulkan perubahan yang merugikan terhadap udara, air atau tanah, mematuhi peraturan perundangan-undangan dan persyaratan-persyaratan berorientasi lingkungan yang berlaku, memperbaiki hal-hal di atas secara berkelanjutan. ISO 14000 serupa dengan ISO 9000 - manajemen mutu dalam hal berkaitan dengan bagaimana sebuah produk diproduksi ketimbang tentang produk itu sendiri. Sebagaimana halnya ISO 9000, sertifikasinya dilakukan oleh pihak ketiga, bukan oleh ISO sendiri. Standar audit ISO 19001 diterapkan saat mengaudit ketaatan ISO 9000 dan 14000 sekaligus. Persyaratan ISO 140001 merupakan bagian integral dari Skema Manajemen dan Audit Lingkungan (Eco-Management and Audit Scheme (EMAS) yang dikeluarkan oleh Uni Eropa.


Contoh Soal
1. Standardisasi. ISO 9000 pertama kali dikeluarkan oleh International Organization  
   for Standardization Technical Committe pada tahun berapa?
   a. Tahun 1995
   b. Tahun 1901
   c. Tahun 1945
   d. Tahun 1987

2. Quality Management Systems - Requirements: ditujukan untuk digunakan di  
    organisasi manapun yang merancang, membangun, memproduksi, memasang  ‘     
    dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. Terdapat  
    di dalam ISO ke berapa?
    a. 1945
    b. 2004
    c. 2000
    d. 9001

3. Standar manajemen dibuat agar?
a. mendapatkan hasil standar kemenejemenan bersama dalam bidang pemerintahan
b. mendapatkan hasil standar kemenejemenan bersama dalam bidang pertanian
c. mendapatkan hasil standar kemenejemenan bersama dalam bidang apapun
d. mendapatkan hasil standar kemenejemenan bersama dalam bidang perindustrian

4. kepanjangan dari K3 adalah?
a. Kemanusiaan dan Kelakuan Kedaulatan
b. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
c. Kesehatan dan Keindahan Kerja
d. Keselamatan dan Kelakuan Keluarga

5. Berikut ini kepanjangan dari TQM…
    a. Total Quality Management
    b. Total Quality Maincource
    c. Total Quality Machine
    d. Total Quality Manufacture

Sumber :


26 komentar

For such kind of information, be always in contact with us through our blogs. To locate the reliable way to obtain assist to create customer checklist in QB desktop, QuickBooks online and intuit online payroll? Our QuickBooks Payroll Support Phone Number service may help you better.

Reply

support to entrepreneurs in decreasing the purchase price otherwise we’ve seen earlier, however, an accountant wont to keep very different accounting record files. Using the assistance of QuickBooks Tech Support users will maintain records like examining, recording and reviewing the complicated accounting procedures.

Reply

UNINTERRUPTED SUPPORT AT QuickBooks Enterprise Tech Support Number team can help you deal with most of the issues of QB Enterprise.ignificant quantity of features from the end are there any to guide both both you and contribute towards enhancing your online business. Let’s see what QuickBooks Enterprise is all about.

Reply

“Just dial our QuickBooks Technical Support Phone Number to inquire of about for Quickbooks Payroll customer support to eliminate payroll issues. We make use of startups to small-scale, medium-sized to multinational companies.”

Reply

How to contact QuickBooks Payroll support?
Different styles of queries or QuickBooks related issue, then you're way in the right direction. You simply give single ring at our toll-free intuit QuickBooks Online Payroll Contact Number. we are going to help you right solution according to your issue. We work on the internet and can get rid of the technical problems via remote access not only is it soon seeing that problem occurs we shall fix the same.

Reply

Because this software program is becoming a catalyst to utilize more sophisticated tools and equipment using the improvement in accounting software technology. Thus, it is natural to tackle each one of these tech glitches with the best accounting software. It is possible to troubleshoot QuickBooks errors utilizing the Intuit QuickBooks support by dialing our QuickBooks Enterprise Tech Support.

Reply

Every user will get 24/7 support services with our online technical experts using QuickBooks Customer Service Number. When you’re stuck in a situation where you can’t find a way to eliminate a problem, all you need is to dial QuickBooks customer support phone number. Show patience; they will inevitably and instantly solve your queries.

Reply

QuickBooks Desktop version is frequently additionally split into QuickBooks professional, QuickBooks Premier and QuickBooks Support Number. you’ll get the version and this can be additional apt for your needs. you must additionally get guidance and support services for the code that square measure obtainable 24/7.

Reply

The QuickBooks Enterprise Support Number data files are incredibly attentive to unexpected disconnections as well as other interruptions. In result they get corrupted easily and hamper your workflow easily.

Reply

Additionally, QuickBooks Support Phone Number is a user-friendly accounting software; an easy task to maintain; assisting the company in keeping the records of financial transactions, and a whole lot more features.

Reply

QuickBooks 6000 series QuickBooks Tech Support Phone Number series square measure several of the foremost common and therefore the most dangerous errors which our Users have to face. therein case, they ought to forthwith dial the fee QuickBooks Technical Support Service.

Reply

Our 3rd party independent AccountWizy QuickBooks Tech Support Phone Number and our experts are 24/7 active to offer Quickbooks customer service for its products.

Reply

Need not worry if you are stuck with QuickBooks issue in midnight as our technical specialists at QuickBooks Support is present twenty-four hours on a daily basis to serve you together with the best optimal solution very quickly.

Reply

Reach us at QuickBooks Support Phone Number at and experience our efficient tech support team of many your software related issues. If you should be aa QuickBooks enterprise user, it is possible to reach us out immediately at our QuickBooks Support contact number .

Reply

QuickBooks updates are important for the smooth running of software. Updates constantly come with fixes, patches, and bugs. When you are experiencing any type of issues into the installing of the newest QuickBooks updates? Then easily contact our Quickbooks Support Number.

Reply

Being a popular product among both small and large scale business running people, QuickBooks does have its own flaws that can be immediately reported and corrected by contacting the QuicKbooks Customer Support Phone Number team.

Reply

We suggest you to definitely join our services just giving ring at toll-free QuickBooks Enterprise Tech Support Phone Number make it possible for one to fix registration, installation, import expert and plenty of other related issues into the enterprise version. Also, you can fix accessibility, report mailing & stock related issues in quickbooks enterprise software. 24×7 available techies are well-experienced, certified and competent to correct all specialized issues in a professional manner.

Reply

QuickBooks 6000 series, QuickBooks Support Phone Number PS series square measure several of the foremost common and then the most dangerous errors which our Users have to face. therein case, they ought to forthwith dial the fee QuickBooks Technical Support Service.

Reply

We make sure your calls do not get bounced. Should your calls are failing to interact with us at QuickBooks Payroll Support Number, then you can certainly also join our team by dropping a message without feeling shy. Our customer care support will continue to be available even at the wee hours. The locus of your services may be based upon delivering services in shortest span of that time period, without compromising aided by the quality of your services. Our support team is engaged in pre-research to create themselves prepared in advance for the possible errors of QuickBooks. This practice helps them produce you the specified wind up in the given time window. We are there to assist you at QuickBooks Support Phone Number 24*7 as we try not to disassociate ourselves together with your troubles even through the wee hours.

Reply

assisted QuickBooks Payroll Tech Support Number one is the most costly one also it comes only with annual billing. Based upon your choice and whatever fits you best, you can decide for some of these versions.

Reply

Looking financial section of a small business is the most important and inconvenient task. If you can look after your running business and want to bring your business to a different height then maintaining the QuickBooks Support Number budgetary info is necessary.

Reply

Be sure that two QuickBooks Technical Support Phone Number files namely qbw32.exe and qbupdate.exe gets the update access through firewall security software and port 80 and 443 are not disabled.

Reply

Quickbooks Error 9999 as during program installation for business. Also a mistake occurs while Quickbooks is running, during windows startup or shutdown and sometimes even through the installation of the Quickbooks software windows operating system. If you would like to learn how to Resolve Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

Reply

Posting Komentar