Profesi dan Profesionalisme

2.         Profesi & Profesionalisme
Secara umum definisi atau pengertian profesi dan contohnya. Saat ini kita sering sekali mendengar kata atau istilah “profesi”, sering sekali juga istilah ini di hubungkan dengan pekerjaan seseorang. Tapi perlu di ketahui bahwa setiap pekerjaan bisa disebut dengan profesi, karena profesi memiliki ciri, syarat dan karakteristik khusus. Definisi profesi secara umum ialah  kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris “Profess”, yang bermakna janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap atau permanen. Profesi sendiri memiliki arti sebuah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan dan keahlian khusus.
Profesionalisme menurut KBBI adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional. Di dalam profesionalisme itu terdapat keterampilan, penilaian yang baik, dan perilaku sopan yang diharapkan dari seseorang yang dilatih untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Di sinilah orang-orang yang profesional akan sangat berbeda dengan orang-orang yang tidak profesional meskipun dalam pekerjaan yang sama atau bekerja dalam suatu ruang yang sama (faktor profesionalisme).
2.1       Definisi Profesionalisme
Seseorang yang berkompeten di suatu profesi tertentu, disebut profesional. Walau demikian, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir. Contohnya adalah petinju profesional menerima bayaran untuk pertandingan tinju yang dilakukannya, sementara olahraga tinju sendiri umumnya tidak dianggap sebagai suatu profesi. menunjukkan ide aliran yang bertujuan pengembangan profesi agar profesi dilaksanakan oleh profesional dengan mengacu kepada norma-norma standarnya. profesionalisme adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari  para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya.
2.2       Ciri-Ciri Seorang Profesional dibidang Teknik Secara Umum
Profesional adalah orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki kemampuan yang tinggi dan berpegang teguh kepada nilai moral yang mengarahkan serta mendasari perbuatan. Atau definisi dari profesional adalah orang yang hidup dengan cara mempraktekan suatu keterampilan atau keahlian tertentu yang terlibat dengan suatu kegiatan menurut keahliannya.
Adapun ciri ciri dari profesional yang diantaranya sebagaimana di bagian bawah ini:
secara umum ada beberapa ciri atau sifat yang selalu melekat pada profesi, yaitu :
Pertama, adanya pengetahuan khusus, yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun. Kedua, adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi. Ketiga, mengabdi pada kepentingan masyarakat, artinya setiap pelaksana profesi harus meletakkan izin khusus untuk kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat. Keempat, ada menjalankan suatu profesi. Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat, dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan, keamanan, kelangsungan hidup dan sebagainya, maka untuk menjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus. Kelima, kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi.
2.3       Ciri-Ciri Seorang Profesional dibidang Teknik Industri Secara Khusus
Ciri-ciri professional pada biang teknik industri ialah sebagai berikut: 
Pertama, Memiliki keterampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang tadi. Kedua, Memiliki ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi, Cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan. Ketiga, Memiliki sikap berorientasi kedepan sehingga mempunyai kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya. Keempat, Memiliki sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya.
      
      Latihan
    1. Apa yang dimaksud dengan sebuah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan dan keahlian khusus.?
       A. Etika                                                    C. Adat Istiadat
       B. Hubungan                                            D. Profesi
     2. Orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki kemampuan yang tinggi dan berpegang teguh kepada nilai moral yang mengarahkan serta mendasari perbuatan ialah ?
       A. Dokter                                                 C. Amatir
       B. Profesionalisme                                  D. Doktor     
   3. Adanya pengetahuan khusus, yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun adalah ciri dari ?
       A. Profesional dibidang Teknik           C. Profesional dibidang lukis
       B. Profesional dibidang Balet                  D. Profesional dibidang Atlet
      4. Profesionalisme menurut KBBI adalah ?
       A. Kebersihaan, Kepatuhan yang mengikuti peraturan yang dibuat                  
       B. Mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional
       C. Makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain)
       D. Proses, cara, perbuatan menjadikan manusia agar memiliki rasa kemanusiaan
       5. Ada berapakah ciri seorang profesional dibidang teknik industri secara khusus?
A. 4                                                          C. 1
B. 2                                                          D. 3000





      Sumber :

Posting Komentar